TARUNA PIP MAKASSAR

Senin, 21 Maret 2011

UKP STABILITAS KAPAL

Stabilitas (usulan UKP)

3. Sebuah kapal muat dipelabuhan sungai pada daerah Summer dengan Bj=1.009 sarat rata2 =6.95 m jika summer draft = 7.15m FWA= 116mm. TPC= 18t/m. Pemakaian BBM dan FW selama pelayaran ke kalut = 35t
Hitung: maximum muatan yang dapat dimuat ?
Diketahui: Summer Draft = 7.15m
Sarat awal = 6.95m
Bj pelabuhan=1.009
FWA = 116mm
TPC = 18t/cm
Consump = 35 t
Jawab: DWA = FWA x 1.025-1.009 = 166 x 0.016
1.025-1.000 0.025
= 74.24mm (0.0742m)
Summer Draft = 7.15m
DWA = 0.074
Sarat max. = 7.22m
Sarat awal = 6.95m
Δ sarat = 0.274m(27.4cm)

TPC(s) = 18 x 1.009/1.025 = 17.72
W = Δsarat x TPC (s) = 27.4 x 17.72
= 485.53t
Consumption = 35t
Max. Cargo to Load = 520.53t


4. Kapal tiba dipelabuhan dengan displacement 8200t pada sarat 6.40m KG= 6.2. memuat : 3600t berat di LTD. KG =6.5m Bongkar: 200t Plat Besi di LH KG =3.5m. Isi air tawar di APT 200t KG =2.5m Bila TPC=20 KM= 8.0m
Ditanya: a. Sarat rata2 kapal setelah kegiatan
b. GM akhir
Jwab:
W kg Moment
+ 8200 6.2 50840
+3600 6.5 23400
+200 2.5 500
- 200 3.5 - 700
Σ W= 11800t Σ M= 74040
KG1 = 74040 = 6.27m
11800
b. GM = KM – KG1 = 8.0 – 6.27 = 1.73m (GM akhir)

a. Muat = 3600t + 200
Bongkar = 200
W = 3600t
Δ sarat = W/TPC= 3600/ 20 = 180cm (1.8m)
Sarat akhir = Sarat awal + Δ sarat = 6.40 + 1.8
= 8.20m


5. Berat benaman sebuah kapal 5000t KG = 7.5m GM = -0.06m Agar GM kapal menjadi +0.3m akan diisi pada tangki dasar berganda dengan air laut Bj= 1.025 sampai penuh semula terisi ¼ bagian. Tinggi tangki dasar berganda tsb 1.2m
Ditanya: a. Berapa ton air ballast yang dapat di isi
b. Volume tangki ballast tsb.
Jawab: GM akhir = 0.3m
GM awal = -0.06m
GG1 = 0.36m
KG awal = 7.5m
KG akhir = 7.14m

W kg moment
5000 7.5 37500
X 0.75 0.75x
Σ w = 5000 + x Σ m = 37500 + 0.75x
7.14 = 37500 + 0.75x
5000 + x
35700 + 7.14x = 37500 + 0.75x
7.14x – 0.75x = 37500 – 35700
6.39x = 1800
X = 281.69 ton
b. Volume tangki ballast = 281.69/1.025 = 274.82m3

6. Berat benaman sebuah kapal 4617t KG= 8.2m mengadakan kegiatan muat sbb:
Muat pada TD atas senanyak 3000t dengan KG= 10m
Muat pada TD bawah sebanyak 3000t dengan KG 7.0m
Muat pada LH sebanyak 3500t dengan KG =3.3m
Isi BBM dan FW = 761t dengan KG =0.6. GM akhir yang di inginkan adalah: 1.0m
Ditanya: Berapa banyak muatan yang harus dipindahkan
dari LH KG = 3.3m ke TD atas KG = 10m bila
diketahui KM = 8.0
Jawab:
W kg Moment
4617 8.2 37859.4
3000 10 30000
3000 7.0 21000
3500 3.3 11550
761 0.6 456.6
Σ W = 14878 Σ M = 100866
KG1 = 100866/14878 = 6.779m
GM = KM –KG = 8.0 – 6.779 = 1.221m
GM = 1.221m
GM1= 1.0
GG1= 0.221m
GG1 = W x dv
Δ
0.221 = w x 6.7
14878
3288.038 = 6.7w
W = 490.75t

















2. Jelaskan:
a. Pemberian nomor/tanda pada plat (kulit kapal)
 Tanda pada lajur: Pemberian tanda pada lajur biasanya dimulai dari bawah (lajur pengapit lunas) terus keatas secara alphabethis, A,B,C, dst kecuali I.
 Nomor pada lajur: Pemberian nomor pada plat lajur2 tsb secara berturut dari belakang kedepan atau boleh juga dari depan ke belakang.

b. Fungsi Double Bottom:
 Bila kapal kandas/bocor masih ada dasar kedap air.
 Sebagai ruangan muatan cair, air tawar, bahan bakar, ballast dsb.
 Dengan air ballast dapat membantu mengatur stabilitas kapal. Dan baling2 serta daun kemudi dapat bekerja lebih baik.
 Menambah kekuatan melintang Kapal.

c. Fungsi Sekat Kedap Air:
 Membagi kapal atas kompartmen2, dgn sendirinya membagi tekanan kebidang yang lebih luas
 Mempertinggi keselamatan kapal, terutama bila mendapat kerusakan khususnya dibawah permukaan air/didekatnya (mis: kandas, tubrukan, dll)
 Mempertinggi keselamatan dan kekuatan melintang kapal
 Membatasi/melokalisir bahaya2 kebakaran disalah satu compartment/ penggenangan sesudah salah satu compartment mengalami kebocoran.

1. a. Tunjukkan pada gambar letak:
a. Gading-gading cermin
b. Gading-gading simpul
c. Gading-gading buritan/gading2 nol
d. Gading-gading haluan
e. Sekat pelanggaran dan sekat ceruk belakang.

3.

W KG Mo Dist of COF Mo to change
By head By stern
8700 7.2 62.640 - - -
-100 8 -800 34.4 3440 -
-500 9 -4500 14.4 7200 -
+150 1 150 49.6 7440 -
ΣW=8250 ΣMo=57490 18080

KG’ = ΣMo
ΣW
KG’ = 57.490
8250
= 6,97 m
GM = KM – KG’
= 7,75 – 6,97
= 0,78 M
Cargo di bongkar = 600
Cargo dimuat = 150 –
Δ W (bongkar) = 450 ton

Bodily rise = 450 = 21,89 cm = 0,22 m
20,55
COT = 18,080 = 115,89 cm = 1.16 m
156
COD Af = 74,4 x 115,89 = 59,87 cm
144
= 0,598 m
= 0,6 m
COD fwd = 115,89 – 58,87 = 56cm = 0,56 m

Initial Draft F = 5,0 A= 5.20
Bodily Rise F = 0,22 A = 0,22 ¬_
F = 4,78 A = 4,98
COD F = 0,56 A = 0,6 ¬ _
Final Draft F = 5,34 m A = 4,38 m

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda