TARUNA PIP MAKASSAR

Senin, 21 Maret 2011

UKP OLAH GERAK KAPAL

1.a. Yang dimaksud dg Lingkaran putar adl Lintasan yg dibuat oleh titik putar kpl itu sewaktu kpl tsb berputar 360°/ lebih.
b. Gambar lingkaran putar :

Advance : jarak titik G sejak kpl di beri kemudi sampai arah kpl berubah 90°dr arah semula.
Transfer : jarak titik G tegak lurus haluan semula dihitung dr haluan semula ±2,4L
Tactical diameter: jrk yg dhitung dr haluan semula sampai grs melalui sebuah ttk yg berbeda 180° dr hal. Semula.
Draft angel : sudut antr hal. Kpl & grs singgung melalui sebuah ttk pd lukisan dmana kpl berada.
Final diameter : diameter dr lingk.putar setela kpl berputar dg lingk.yg bertitik pusat tetap.
Kick : jrk dr grs hal. Semula kettk lintasan dr titik dmn lintasan putar mulai mbelok kearah kemudi diberi.

2.a. Persiapan bila kpl akan berlabuh di perairan dlm :
1. Jangkar&rantainya diharia sehingga jrk antara jangkar dg dasar perairan kira2 15 depa (±22,5 mtr)
2. Dekati tmp blabuh dg kec.seperlunya & ushakan melawan arus.
3. Setelah kpl mulai mdekat ±4-5 kali pjg kpl,mesin stop kpl mendekati dg sisa laju.
4. Setelah tiba dtmp yg tepat kurangi laju kpl dg mesin mundur.
5. apabila kpl mulai bgerak mundur,let go jangkar yg berada diatas angin.
6. haria rantai sesuai keperluan.
b. Kita dpt melihat jangkar mkn dg melihat apabila rantai jangkar dari kendor lalu kencang & kendor kembali.
c. Sebagai perwira jaga kt dpt mengontrol posisi labuh kpl dg cara cek pos. kpl dg radar setiap jam terutama pd wkt pergantian arus & jarak aman pd kpl2 sekitar.

3. a. Emergency astern : dmn kpl maju penuh,kemudian stop dan kemudian mundur penuh sampai kpl berhenti diair & akan bhenti mundur.
Emergency ahead : dmn kpl mundur penuh kemudian stop dan maju penuh sampai kpl bhenti diair & akan bgerak maju.

b. Jarak henti : jrk sejak mesin mundur penuh smp kpl bhenti sama sekali.
Waktu henti : wkt yg dilalui kpl blayar dg mesin mundur penuh smp kpl bhenti sm sekali.

4. Pengaruh pd ke2 kpl bila tlalu dekat diperairan sempit & dangkal :
a. Keduanya bpapasan,

Ket : permukaan air dibag. Luar kpl akan mnurun shingga jika tlalu dekat 1 dg lainya dg kec tinggi ke2 kpl bag. Atas akan mjauh & bag. Bawah mdekat.
b. Keduanya saling menyusul,

Ket : permukaan air dibag. Dlm akan menurun sehingga jika tlalu dekat 1 dg lainya dg kec. Tinggi ke2 kpl bag. Bawah akan mjauh & bag atas akan mdekat.

5 a. Persiapan yg hrs dilakukan sblm blabuh jangkar :
 memberlakukan OHN & mberitahukan KKM akan blabuh jangkar.
 Jangkar,Derek jangkar,air Derek,tros,tli2 buangan,daprah2 dll.
 Sal log dimasukan,bendera2 dipasang tangga lambung dipasang.
 Pelajari hal icwal & keadaan setempat dg ptolongan peta rencana.
 Siapkan hal2 yg menyangkut surat2 kpl,document kesehatan,muatan dll.
b. Factor2 yg mpertimbangkan dlm menentukan pjg rantai yg diarea :
 Keadaan perairan
 Jenis dsr perairan
 Lama berlabuh
 Tujuan blabuh
 Sesuai dg kedalaman perairan

6. Gambar O.G bputar 180° kekanan dialur pel. sempit :
a. Tanpa bantuan jangkar :








Ket :
Pos 1 : maju pln kemudi kekiri.
Pos 2 : stop msn mundur seperlunya agar buritan kekiri,stop msn kpl akan di pos 3.
Pos 3 : kemudi tengah2 sebentr lalu kanan cikar mesin maju setengah,kpl bputar smp pos 4.
Pos 4 : stop msn kemudi tengah2,mundur penuh&kemudi cikar kiri smp pos 5.
Pos 5 : stop msn kemudi tengah2,maju dst….




b. Dengan bantuan jangkar :








Ket :
Setelah jangkar dilego dan mkn.
Pos 1 : kpl maju kemudi kekiri.
Pos 2 : kemudi tengah2 lalu bls kanan kemudi,kpl akan menjalani ling. Hingga kpl akan dtg ke pos 3.
Pos 3 : stop msn kemudi tengah2 kpl akan dtg ke pos 4.
Pos 4 : stop mesin mundur setengah & kpl akan dtg ke pos 4.
Pos 5 : stop mesin kemudi tengah2,maju dst…

7. a. Satu jam kmr mesin :
 KKM dberitahukan bahwa kpl OHN.
 Mualim jaga mnyiapkan peta2,teropong,alat2 baring,walky-talky,buku2 olah gerak.
 Mualim jaga testing kemudi,telegraph,lampu2,suling,radar,perum gema dll.
 Jam dianjungan dcocokan dg di kmr mesin.
 Disiapkan jg buku panduan bahari,daftar suar,buku arus dll.
b. Serah terima jaga laut :
 ½ jam sbelumnya mualim jaga baru dibangunkan dg “setengah”
 Mualim jg baru memeriksa posisi kpl&haluan sejati di peta.
 Melihat lampu2 suar & baringan2 yg akan datang.
 Mencocokan karekter & lampu suar df daftar suar.
 Melihat buku order nakhoda yg terakhir.
 Setelah selesai br mnemui pw.jaga lama yg akan dgantisambil membiasakan penglihatan.

8.Gambar olah gerak kpl sandar kiri
Ket :
Pos 1 : maju pelan.
Pos 2 : stop mesin kemudi kanan smp kpl di pos 3.
Pos 3 : mundur setengah agar buritan kekiri & hal kekanan smp kpl pos 4.
Pos 4 : stop mesin maju pelan hingga kpl mndekat dermaga,usahakn mbuat sudut sekecil mungkin.
Pos 5 : stop mesin buang tros depan,kpl akan mrapat dg bantuan tali tros dpn&arus,setelah itu buang tros belakang.
Pos 6 : kpl telah siap sandar.

9. a. Faktor2 dr luar yg dpt mempengaruhi olah gerak :
 Keadaan angina,laut & gelombang.
 Keadaan arus.
 Dalam & lebar perairan.
 Jaraknya terhadap kpl2.
b. Pengaruh baling2 pd O.G kpl jika mesin maju & kpl diam :
 Jika baling2 bputar maju maka air akan mnimbulkn tekanan normal yg arahnya tegak lurus pd daun baling2 yg mengarah ke kdepan yg besarnya tgantung dr jaraknya thadap permukaan air krn tekanan yg bbeda did lm air.

10. a. Tidak sama krn diameter ling putar tergantung dari putaran baling2 kanan/kiri.
b.Tidak sm krn setiap kpl mpunyai karakter yg berbeda antara lain : bentuk kpl,panjang&lebar kpl,bentuk baling2 dll.
c. Yang membuat adlah biro klasifikasi yg mengawasi kpl tsb.
d. Manfaat data2 ling putar adl :
 Untuk berputar di alur sempit.
 Untuk berbelok di alur sempit.
 Untuk mengindari bahaya navigasi mendadak.
 Untuk menolong org jatuh ke laut.

11. a. Tindakan wkt blayar di alur pel sempit :
o Blayar dg kec seperlunya.
o Usahakn blayar pd poros alur pel.
o Kpl yg ikut arus blayar lebih dulu.
o Bila tdk ada arus kpl yg melihat belokan pd tangan kananya jln lebi dulu.
b. Cara O.G mnolong org jatuh ke laut :
ket : cara “double turn”

Ket :
 Kemudi cikar kanan lalu stop mesin.
 Jika korban telah bebas dr baling2,mesin maju penuh & gunakn kemudi sehingga kpl dpt kembali pd pos semula.
 Jaga jrk secukupnya sehingga korban dpt didekati dg aman.
 Tempatkan korban pd pos dbawah angin &dekati korban tsb usahakn berada pd lambung kpl jauh dr baling2 &usahakn dlm keadaan diam.

12.a. Memilih/menentukn tmp blabuh jangkar :
• Tmp blabuh sesuai sarat kpl .
• Tmp blabuh cukup dg sarat kpl.
• “ jauh dr bahaya navigasi.
• Tranportasi lancar.
• Dlm bkomunikasi tdk tganggu.
• Aman thadap bahaya pencurian&perampokan.
b. Kerugian blabuh dg 2 jangkar :
o Kemungkinan tbelitnya rantai masih ada.
o Jika angina btiup dg kencang dr arah yg tegak lurus thadap grs hubung ke2 jangkar tsb,kemungkinan besar jangkar akan putus.

13.a. Tindakan2 yg perlu dilaksanakn sewaktu kpl kandas :
 Sounding got2 tangki utk mmastikn apaka tjadi kebocoran/tdk.
 Perum sekitar kpl utk mngetahui bag yg dlm & dangkal.
 Periksa & pelajari daftar pasang surut.
 Catat sarat muka & blakang utk mengetah pjg bag kpl yg kandas.
 Let go jangkr cemat jk ada utk mnahan buritan bputar.
 Jika perlu bongkr sebagian muatan tongkang utk mnaikan sarat.

b. Cara mngetahui kpl kandas :
• Melihat benda drt yg diam apabila blayar menyusur pantai.
• Terjadi sentakn / gerakan kpl yg mdadak diam.
• Temperatur pd mesin induk akan diatas normal.

14.a. Pengaruh kpl blayar dg ballast maka kekuatan angin tdapat dihaluan.
b. Pengaruh angin thadap kpl yg bgerak mundur maka bag buritan kpl akan mnuju arah datangya angina&laut.

15.a. Squat Blockage : penurunan yg sejajar&trim yg baru yg disebabkn krn grlombang kpl yg berada di tengah2 pd wkt kpl bgerak maju.
Faktor2nya :
 kecepatan kpl
 perbandingan sarat kpl & dlmnya perairan
 perbandingan antara luas bidang kpl dbawah air
Gambar Blockage Factor:






16. O.G bputar di alur pelayaran sempit :

Ket :
Pos 1 : stop mesin hingga kpl ke pos 2 dg ikut arus & sisa laju yg ada
Pos 2 : kemudi cikar kanan maju setengah hingga hal kpl menghadap dermaga
Pos 3 : stop mesin kemudi cikar kiri & mundur penuh.
Pos 4 : stop mesin kemudi kekanan secukupnya
Pos 5 : maju dst……
17. Gambar pengaruh kemudi yg dsimpangkan kkanan dg mesin bgerak mundur :

Ket :
 Gaya P dari arah blakang pd daun kemudi dpindahkan ketitik G.
 Pada ttk G gaya P tsb diuraikn mjadi 2 yaitu : P.sin £ = gaya yg bgerak kdepan.
P cos £ = gaya yg bkerja kkanan.
> Pada ttk G gaya ini mbentukkpl
P x GA yg mnyebabkn buritan kpl tdorong kkanan & haluan tdorong kkiri.

18. O.G blabuh jangkar diperairan curam :
• Dekati tmp blabuh tegak lurus thadap pantai dg kecepatan seperlunya.
• Setelah jangkar menyangkut dasar perairan haria rantai jangkar sambil mmutar haluan kpl mhadap laut kemudian stop mesin.
• Utk mngurangi laju kpl & utk mdekatkn buritan kpl ke darat mesin mundur seperlunya.
• Kirim tali kedarat utk diikat buritan kpl
• Atur sedemikian shingga tali & rantai jangkar sm kencang & jangkr mka.

19. Diket :
Jarak = 1800 mil
V1 = 15 knot
B1 = 110 ton
B2 = 110-30 = 80 ton
Dit : V2 =…….?
V1 : B1 115 : 110
V2 : B2 V2 : 80
V2 = 15 x 80 = 10,9 knots
20.a Prosedur pengambilan pandu laut jika kpl akan msk pelabuhan :
o Pastikan komunikasi dg pandu slalu trjaga&lancer.
o Persiapkn tangga pandu diatas air pd lambung yg airnya tenang
o Siapkan penerangan tangga pandu.
o Checklist2 disiapkan.
b. Under master command : dmana suatu keadaan commando navigasi dianjungan diambil alih oleh nakhoda dari perwira jaga.
Pilot advise : dimana komando & tanggung jwb kpl tetap dbawah nakhoda dg nasehat dr pandu.

21. Diket :
V1 = 15 knot
BB1 = 260 ton
DB kn = 80 ton
DB kn kr (100-20)= 80 ton
Db kr = 20 ton
Tk kr = 20 ton
+
BB2 = 200 ton
Dit : V2 = ……?
Jwb :
V1 : B1 115 : 260
V2 : B2 V2 : 200
V2 = 15 x 200 = 13,1 knots
260
22. Gambar ke 4 pola pencarian menurut Mersar/O.G SAR :
1. Pattern -1 ship







2. Sector search pattern 2 :

3. Pettern 3 (pararel trock search pattern-2ship)

4. Pettern 4 ship/air craft co-ordinated search pattern.

23.a. Apabila kpl blayar menyongsong ombak maka kpl akan mngalami :
> Pukulan ombak dhaluan.
> Mengangguk & trjadi tegang akibat hogging,sagging & pounding
> Air msk dr haluan
b. Apabila mngikuti arah angin/ombak maka kpl akan mngalami :
> Broacing to : trjadi jika panjang&kecepatan kpl sbanding dg panjang gelombang.
> Pooped : trjadi apabila pd saat kpl berada pd lembah gelombang&dpt mengakibatkn kerusakn kpl di bag blakang.

24.a. Fungsi jangkar slain utk blabuh jangkar :
• Mbantu O.G wkt kpl sandar & lepas sandar
• Utk mbantu O.G kpl mundur agar haluan tetap bgerak lurus.
• Utk mngurangi akibat trjadinya tubrukan
• Utk bputar diperairan sempit
• Utk mngetahui apakah jangkar yg di let go makan/tidak
b. Prosedur blabuh jangkar secara vertuen mngangkang :
• Siapkn jangkar kr & kn utk diletgo
• Dekati tmp brlabuh yg ptama dg mbentuk sudut 4-5surat trhadap datangya arus.
• Setelah kpl tiba pd pos blabuh dg keadaan masi maju seperlunya letgo jangkar yg brd diatas angina.
• Haria rantai secukupnya (2x pjg rantai yg akan digunakn)
• Dgn rantai jangkar dlm keadaan kencang letgo jangkr yg lain sambil hal kpl diarahkn pd datangya angina.
• Haria rantai jangkr yg kedua & hibon jangkar rantai yg prtama.
• Atur rantai jangkar yg ptama&kedua hingga sm pjg&kencang.
• Krn pengaruh arus&angin hingga kpl pd posisi.

25. Factor2 dr dlm & luar yg mpengaruhi O.G
* Faktor dr dlm bsifat tdk tetap :
 Sarat kpl / draft
 Keadaan pmuatan
 Teritip
* Faktor dr dlm bsifat tetap :
 Panjang & lebar kpl
 Lebar kemudi
 Kekuatan mesin kpl
* Faktor dr luar:
 Angin,arus ,gelombang ombak
 Dalam & lebarnya perairan
 Jauh & dekatnya dg kpl lain
26. Faktor2 yg mpengaruhi ling putar :
 Panjang kpl
 Massa kpl
 Moment of inertia
 Ukuran & bntuk daun kemudi
 Kecepatan kpl

27. O.G mnolong org jatuh kelaut dg cara William turn :

* O.G dg mnolong org jatuh kelaut dg cara Scharnow turn :

* Cara yg baik untuk situasi missing person adlah dg cara “William Turn”

28. Cara O.G dg jarak henti yg terkecil utk mhindari bahaya navigasi tepat dihaluan pada umumnya menghidarinya dg cara mencikar kanan kemudian mundur penuh,dg tindakan ini jarak hentinya menjadi kecil krn adanya putaran & kemudi cikar mnyebabkn hambatan yg lebih besar.
Gambar O.G mhindarinya :


29. Pengaruh angin terhadap kpl yang :
a) Berlayar dg ballast maka kekuatan angin terdapat di hal & laut juga ada artinya dmn mengakibatkan pukulan kpl sacara teratur & berselang.
b) Bergerak mundur maka bag buritan kpl akan munuju arah datangnya angina & laut.
c) Kapal yg dimuati penuh maka pengaruhnya kecil trhadap O.G kpl krn bdn yg sebagian besar tergenang did lm air
30. Gambar & penjelasan pengaruh yg terjadi pd kpl saat berlatar dialur pel sempit :


31. Gambar O.G kpl baling2 tunggal putar kanan akan sandar kanan & angina kencang dr laut :






Ket :
Pos 1 : kpl stop mesin & biarkan kpl maju dg sisa laju yg ada.
Pos 2 : maju pelan sekali,kemudi kekiri.
Pos 3 : stop mesin kemudi tengah2 lalu usahakan kpl sejajar dg dermaga.
Pos 4 : apabila kpl pd pos sandar mundur setengah utk mhentikan kpl & buarjan kpl merapat dg bantuan angina.
Pos 5 : kpl telah siap sandar….

32. Pengaruh O.G terhadap kpl diam baling2 putar maju & kemudi tenagh2 :
Gambar :


33.Slip adlh perbedaan antara kecepatan baling2 dg kecepatan kpl.
Kisar baling2 adlah jarak yg ditempuh dlm 1 kali putaran baling2.
Rumusnya :
SLIP = S – V / S x 100%
Slip yang kita hitung adlah Slip semu krn Slip tsb masih dipengaruhi oleh arus ikutan yg besarnya 10% dari pd kecepatan saat itu.

2 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda